piz

blog for students

Laman

Selasa, 12 September 2017

PELUANG BISNIS YANG MENJANJIKAN



Berwirausaha merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan oleh manusia untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan mampu menambah penghasilan setiap bulan seseorang. Menjadi seorang wirausaha atau orang yang membuka sebuah usaha yang sukses memang tidaklah mudah, tetapi dengan kerja keras dan ketekunan maka seseorang akan merauk kesuksesan yang besar dan keuntungan yang didapat juga banyak.
Untuk menjadi seorang wirausaha harus memiliki beberapa aspek yang harus di penuhi agar usaha yang dirintisnya bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Berikut beberapa aspeknya, seperti.
  • Berani mempertanggungjawabkan semua hal yang bersangkutan dengan usaha yang akan dirintisnya
  • Memiliki sifat yang jujur kepada siapa saja
  • Seseorang yang memulai sebuah usaha harus mempunyai sifat pekerja keras, supaya dapat menjalankan usahanya dengan benar dan baik sehingga dapat mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan
  • Memiliki prospek ke depan atau mampu memiliki pandangan ke depan untuk menunjang kesuksesan usaha yang sedang dibangun
  • Dapat bersaing dengan usaha lainnya
  • Tidak takut pada kegagalan usaha, dan tetap optimis dalam mengembangkan usaha yang sedang dijalaninya
  • Mampu mengembangkan usaha dengan baik, dapat memperluas pemasaran usaha di berbagai pasar baik pasar dalam negeri maupun luar negeri
Menjadi seorang wirausaha yang sukses memang menjadi dambaan bagi setiap orang pada umumnya, apalagi seiring dengan berkembangnya jaman yang serba canggih mempermudah seseorang untuk melakukan apa saja termasuk membuka sebuah usaha.
Memiliki tekad yang kuat dan mampu mempertanggungjawabkan semua resiko yang akan di hadapi ketika memulai membuka dan mengelola usaha adalah modal utama yang harus di miliki.
Membuka usaha mudah di lakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Dengan modal yang kecil sekalipun seseorang bisa membuka dan mengelola usaha dengan baik dan lancar sehingga keuntungan yang di dapat bisa besar.
Berikut akan di sajikan beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa menjadi inspirasi anda semua ketika akan membuka sebuah usaha.
1. Berjualan online
Ada banyak cara untuk berjualan online, bagi Anda yang tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa berjualan dengan cara dropship. Dropship sendiri secara garis besar adalah menjadi makelar untuk memasarkan sebuah produk. Di zaman yang serba modern seperti ini, sangat mudah, Anda bisa memasarkan produk melalui marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll.
2. Membuka catering makanan atau kue
Untuk anda yang tidak memiliki pekerjaan tetap seperti ibu rumah tangga, anda bisa mencoba salah satu usaha modal kecil ini. Ya, membuka usaha catering makanan atau kue. Usaha tersebut sangat mudah untuk di lakukan dan tidak memerlukan modal yang banyak karena usaha tersebut di jalankan di rumah sehingga tidak perlu repot-repot untuk menyewa toko atau ruko.
3. Membuka kedai kopi
Membuka kedai-kedai kopi dan makanan ringan bisa menjadi ladang perekonomian, karena semakin banyaknya orang yang biasanya pergi untuk bersantai menghilangkan penat. Membuka kedai kopi atau makanan ringan tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.
4. Mejual gorengan
Menjual gorengan pada pagi atau sore hari menjadi pilihan yang menarik untuk memperoleh keuntungan yang besar. Ini karena orang Indonesia sangat menyukai dan menggemari makanan gorengan. Salah satu contoh usaha modal kecil ini bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Tidak menutup kemungkinan jika seorang penjual gorengan bisa mengaruk keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya.
5. Menjual air bersih
Minuman memang menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia, tetapi banyak di kota besar yang sulit mendapatkan air bersih sehingga air minum yang mereka konsumsi juga relatif kecil untuk di dapat. Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis untuk membuka usaha air minum isi ulang, keuntungan yang di dapat sangat menjanjikan.
6. Membuka usaha laundry
Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan sangat cocok membuka usaha laundry karena sangat di butuhkan. Hampir semua orang di perkotaan sibuk untuk bekerja sehingga tidak sempat mencuci baju mereka sendiri. Untuk itu membuka usaha laundry sangat cocok untuk di jalankan karena modal yang di keluarkan juga tidak besar.
7. Membuka kursus atau les privat
Untuk anda yang berpendidikan tinggi dan memiliki pengetahuan serta wawasan yang luas bisa membuka usaha kursus atau les privat, tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak dan keuntungan yang di dapat sangat menjanjikan.
8. Bisnis atau usaha online
Membuka usaha online atau bisnis online bisa menjadi salah satu pilihan terbaik karena modal yang di butuhkan tidak terlalu banyak dan keuntungan yang di dapat juga banyak. Hanya perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi internet dan jasa pengiriman seperti kantor pos, JNE atau yang lainnya
9. Menjual pulsa
Menjual pulsa salah satu usaha yang tidak memerlukan modal yang banyak dan keuntungan yang di dapat sangat menjanjikan bisa di gunakan untuk menambah penghasilan setiap bulan.
10. Menjadi penulis lepas
Menjadi penulis artikel merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang bisa di jadikan inspirasi anda semua, anda hanya perlu menyediakan ide yang di miliki kemudian ditungkan ke dalam sebuah tulisan
Membuka serta mengelola sebuah usaha kecil dengan modal yang kecil memang sangat mudah untuk di lakukan, banyak orang yang telah berhasil meraih kesuksesan dengan usaha yang dirintisnya.
Banyak hal yang harus di lakukan agar usaha yang sedang di kelola bisa berjalan dengan lancar dan meraih kesuksesan. Berikut adalah aspek yang harus di perhatikan, seperti.
  1. Tekun dan ulet dalam menghadapi apapun juga, sebuah usaha akan berjalan dengan baik jika seorang wirausaha dapat tekun dan ulet dalam menjalankan usahanya.
  2. Memiliki sifat percaya diri yang tinggi, karena untuk memulai membuka usaha maka seseorang harus memiliki kemampuan dan percaya diri yang tinggi, agar usaha bisa berjalan lancar. Hilangkan rasa cemas dan takut akan suatu masalah yang akan di timpanya.
  3. Tidak takut akan kegagalan, jika suatu usaha yang dirintisnya mengalami sedikit kendala maka seorang pengusaha harus menghadapi semua kendala tersebut dengan tenang, hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya salah dalam mengambil sikap. Karena apabila salah dalam pengambilan sikap saat mengantisipasi kegagalan maka usaha yang di jalankan justru mengalami kegagalan.
  4. Memiliki etika yang sopan santun dan ramah tamah dalam menghadapi pelanggan atau konsumen, agar pelanggan atau konsumen merasa nyaman dengan pelayanan yang pengusaha berikan.
  5. Memiliki motivasi yang tinggi untuk mengembangkan usahanya agar usaha yang di jalankan bisa meraih keberhasilan dan keuntungan yang di dapat bisa maksimal. Dengan motivasi yang tinggi maka seorang pengusaha akan tetap semangat dalam mengelola usahanya dan selalu memperbaiki diri apabila terjadi kesalahan saat menjalankan usahanya.
  6. Mampu mengesampingkan ego demi keberhasilan usaha yang dirintisnya, sehingga bisa menerapkan salah satu contoh usaha modal kecil di atas.
  7. Memiliki jaringan pemasaran yang luas, mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi internet untuk mengembangkan usaha, sehingga sebuah usaha bisa di kenal oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.
Beberapa contoh usaha modal kecil di atas tentunya bisa anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
www.amikom.ac.id
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

ACH IZALUL HAQ. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri yang Diunggulkan

APLIKASI PENGUKURAN TUNGGAL DAN PENGUKURAN BERULANG Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran dengan satuan yang dijadikan sebagai p...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *