piz

blog for students

Laman

Rabu, 13 September 2017

Lingkungan bisnis


Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perushaan baik organisasi maupun kegiatannya, sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, sosial, etika-hukum, dan ekologi/fisik dan sebagainya dimana masing-masing factor saling menunjang dan saling mempengaruhi. (Basu Swastha, 1998). Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu  :
            Lingkungan Internal
Lingkungan Internal yaitu segala sesuatu di dalam orgnisasi atau perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi atau perusahaan tersebut. Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
• Tenaga kerja (Man)
• Modal (Money)
• Bahan baku (Material)
• Peralatan (Machine)
• Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength (kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
            Lingkungan Eksternal
Lingkungan External yaitu segala sesuatu di luar batas-batas organisasi atau perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi atau perusahaan tersebut. Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Lingkungan Mikro dimana para pelaku yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan, yang mempengaruhi perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor-faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
                        Pelaku lingkungan mikro perusahaan antara lain:
1) Perusahaan
2) Suppliers
3) Marketing intermediaries
4) Customers
5) Competitors
b. Lingkungan Makro, dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan. Lingkungan Makro ini terdiri dari :
1. Aspek Ekonomi dan Demografi
Aspek ekonomi dilihat dari siklus ekonomi, daya beli masyarakat, inflasi, kurs nilai mata uang serta suku bunga suatu negara. Sedangkan aspek demografi dilihat dari sisi keberagaman penduduk di suatu negara seperti jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan serta daya beli masyarakat suatu daerah. Aspek ekonomi memiliki sifat yang cenderung lambat berubah tapi mempunyai dampak yang bersifat akumulatif bagi perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya.
2. Aspek Politik dan Regulasi
Aspek politik dan regulasi mempunyai pengaruh melalui kebijakan atau peraaturan undang-undang yang mengatur kegiatan bisnis dalam suatu negara. Selaion itu situasi politik yang ada dalam suatu negara juga mempengaruhi kegiatan bisnis dari suatu p[erusahaan. Aspek politik dan regulasi mempunyai sifat yang cepat dan tiba-tiba dalam mempengaruhi suatu perusahaan.
3. Aspek Sosial dan Budaya
            Aspek sosial dan budaya contohnya agama, suku bangsa, atau bahasa yang digunakan oleh masyarakat suatua negara. Faktor ini perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam memasuki sebuah negara baru karena bisa mengakibatkan penolakan oleh masyarakat karena bertentangan dengan bentuk sosial dan kebudayaan yang mereka milliki. Aspek ini bersifat lambat dan akumulatif mempengaruhi perusahaan
4. Aspek Teknologi dan Alam
            Aspek teknologi dan alam dapat dilihat dari tingkat perkembangan teknologi dan kejadian alam yang terjadi pada suatu wiliyah. Perkembangan teknologi yang terjadi di suatu wilayah memungkinkan terjadinya peluang pengembangan usaha oleh perusahaan. Sementara aspek alam dapat mempengaruhi keadaan ekonomi suatu wilayah, contohnya becana alam akibat gunung merapai atau gempa. Hal ini bisa membuat terhentinya aktivitas masyarakat yang berakibatnya berhentinya kegiatan usaha sebuah perusahaan. Aspek teknologi dan alam bersifat cepat dan tiba-tiba dalam mempengaruhi kegiatan perusahaan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

ACH IZALUL HAQ. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri yang Diunggulkan

APLIKASI PENGUKURAN TUNGGAL DAN PENGUKURAN BERULANG Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran dengan satuan yang dijadikan sebagai p...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *